Sabtu, 18 Januari 2014

Cara Membuat Bantal

Cara membuat bantal
Langkah 1: ukur dan gunting kain berbentuk 2 persegi empat yang sama. Jika anda menginginkan ukuran bantal 20 x 20 cm, maka guntinglah kain berbentuk persegi empat dengan lebar 22 x 22 cm (sisakan 1-2 cm untuk memudahkan anda menjahitnya).

Langkah 2: satukan kedua kain yang telah digunting tadi dengan menggunakan jarum pentul (pastikan bagian terbaik kain saling berhadapan).


Langkah 3: gunakan mensin jahit untuk menggabungkan kedua kain tersebut. Jahitlah keliling kain, jangan lupa untuk menyisakan 3-4 cm bagian tanpa jahitan. Guna bagian yang tidak terjahit, sebagai lubang pengisian dacron. Pastikan pula bagian ini adalah bagian yang akan tertutup oleh pita, sehingga jahitan penutup lubang tadi tidak tampak.

Langkah 4: setelah kedua kain disatukan, maka baliklah kain tersebut melalui lubang yang telah disiapkan tadi. Namun sebelumnya pastikan empat ujung dari sarung bantal ini dipotong terlebih dahulu, setelah itu setrika sarung bantal agar rapi pada empat sisi yang telah dijahit.


Langkah 5: balik sarung bantal melalui lubang yang telah tersedia dan setrika kembali pada empat sisi yang telah dijahit.

Langkah 6: isilah sarung bantal tadi dengan dacron yang telah disediakan. Masukan dacron sampai sarung bantal tadi berbentuk bantal persegi empat yang sempurna.


Langkah 7: setelah sarung bantal tadi telah cukup diisi dacron, selanjutnya jahit lubang yang ada dengan menggunakan tangan. Jahit dengan rapi agar benang jahitnya tidak tampak. 
Menghias bantal cincin:
Langkah 1: mulai dengan mengambil bunga imitasi yang telah disiapkan, potonglah kuntum bunga dengan memakai tang penggunting kawat. Kita hanya akan menggunakan kuntumnya saja.



Langkah 2: jahit kancing menarik tadi di tengah tengah kuntum bunga. Pastikan dijahit dengan rapi sehingga benang yang digunakan tidak tampak. Disarankan menggunakan benang yang berwarna senada dengan kuntum bunga yang ada.


Langkah 3: ambillah pita yang lebar, lingkarkan pada bantal yang sudah jadi untuk mengetahui seberapa panjang pita yang dibutuhkan untuk melingkari bantal tersebut. Gunting pita dengan menyisakan 1 cm untuk dijahit. Lipatlah pita tersebut untuk mendapatkan sisi bagian tengah pita. Kemudian jahitlah kuntum bunga tadi pada bagian tengah dari pita.


Langkah 4: setelah kuntum bunga dan pita disatukan, jahitlah keduanya persis di tengah-tengah bantal tadi. Pastikan ujung-ujung dari pita tadi dapat menyatu pada bagian belakang bantal. Satukan kedua ujung pita dengan dijahit tangan.

Langkah 5: jangan lupa tambahkan pita kecil yang sudah ada di tengah kuntum dengan simpul pita pada kancing yang ada di tengah kuntum bunga. JADILAH BANTAL CINCIN YANG ANDA IDAMKAN


Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. Bagus artikelnya sangat kreatif hehe
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com

    BalasHapus
  2. Wah bagus sekali, kreatiif, tp kalo semisal gak bisa pakai mesin jahit, apa bisa hanya dijahit tangan biasa?

    BalasHapus