Rabu, 15 Januari 2014

Kerajinan Anyaman

Kerajinan Anyaman Bambu

Kerajinan anyaman bambu adalah produk dari negara-negara di Asia yang memiliki banyak hutan bambu. Vietnam, Cina, dan Indonesia adalah beberapa di antaranya. Pohon bambu ternyata bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, tunasnya bisa dijadikan rebung atau sayur bambu, dan daunnya pun dapat dibuat menjadi krupuk.

Tetapi yang paling sering kita lihat adalah bambu yang dibuat sebagai produk anyaman atau furniture, misalnya kursi bambu, besek bambu, bakul bambu, keranjang bambu, piring bambu, rantang bambu, tenong bambu, berbagai souvenir bambu, bahkan interior lantai atau dinding.

Kerajinan anyaman bambu dari Indonesia hingga saat ini telah banyak diekspor ke luar negeri ke negara-negara Eropa seperti Spanyol, Perancis, Belanda, Kanada, dan negara-negara lainnya

Membuat kerajinan anyaman bambuyang indah, unik, serta berkualitas tinggi jelas membutuhkan keterampilan dan kreativitas yang didapatkan melalui proses pembelajaran yang tidak sebentar, selain tentunya harus dijiwai, karena ini adalah salah satu bentuk karya seni.

Seperti halnya teknologi, produk kerajinan bambu pun memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi serta membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk penyelesaiannya.Hal tersebut ikut menentukan nilai jual dari sebuah produk kerajinan bambu, selain juga ditentukan juga oleh kualitas bambu yang digunakan.

Produk anyaman bambu kami adalah hasil karya seni dari para pengrajin anyaman bambu yang berada di wilayah Jawa Timur. Dari tangan para pengrajin inilah terlahir produk kerajinan anyaman bambuyang berkualitas dan bernilai seni yang tidak kalah dengan kerajinan anyaman bambu yang berasal dari negara-negara lain seperti Cina, Vietnam, dan Jepang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar